Subscribe MataKaki.com

Masukan Email Untuk Mendapatkan Konten Gratis dari MataKaki.com

Kejahatan Tidak Kenal Tempat, Terapkan Tips Ini Agar Aman di Dalam Kereta Api!

Karena Keamanan dalam perjalanan adalah kenyamanan yang tiada dua

Kejahatan tidak bisa kita ketahui kapan datangnya, oleh karena itu kita harus melakukan tindak pencegahan. Kejahatan sendiri bisa terjadi saat kita berada di jalan, rumah, tempat wisata, pusat perbelanjaan, serta di dalam transportasi umum tidak terkecuali kereta api.

Meski di dalam kereta api ada petugas yang berlalu-lalang untuk memeriksa keadaan para penumpangnya, penjahat selalu saja punya celah untuk beraksi. Tindak kejahatan di dalam kereta api bisa berupa pencurian dan pelecehan seksual. Biasanya para penjahat banyak beraksi di kereta malam karena banyak penumpang yang terlelap dan lengah terhadap barang bawaannya.

Sudah banyak yang menjadi korbannya. Kamu tentu tidak ingin mengalami kejadian buruk ini kan? Oleh karena itu kamu perlu melakukan tindak pencegahan agar tetap aman di perjalanan, jika sebelumnya matakaki mengulas Istilah penting dalam penerbangan, berikut ini kamu akan disuguhi beberapa cara agar tetap aman di dalam kereta api.

Pilih Tempat Duduk Dekat Jendela

Pilih Tempat Duduk Dekat Jendela. Via http://merinews.com

Selain bisa melihat pemandangan di luar kereta, ternyata duduk di dekat jendela bisa mengurangi resiko diincar oleh penjahat. Para penjahat akan lebih sulit untuk meraih area duduk kita. Jika duduk di pinggir lorong kereta, mereka akan menggunakan kesempatan tersebut untuk melakukan pelecehan seksual kepada penumpang wanita.

Agar bisa mendapatkan tempat duduk dekat jendela, kamu yang hendak ke Surabaya atau Malang sebaiknya pesan tiket kereta Jayabaya setidaknya 30 hari sebelum keberangkatan di situs Traveloka

Waspada di Setiap Stasiun Pemberhentian Kereta

Kereta jarak jauh misalnya kereta api Jayabaya, akan berhenti di beberapa stasiun sebelum tiba di stasiun akhir seperti Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, dan Stasiun Semarang. Pada saat kereta berhenti, biasanya pencuri akan naik ke dalam kereta dan mencari korbannya lalu membawa kabur barang sebelum kereta melaju kembali. Cara untuk menghindari penjahat tersebut adalah dengan bangun dari tidur dan waspada dengan orang yang baru naik. Letakkan barang bawaanmu ke area dekat jendela. Setelah kereta kembali melaju, jangan langsung tidur lagi karena terkadang ada penjahat yang ikut sampai ke stasiun berikutnya.

Hindari Menggunakan Perhiasan Mencolok

Perhiasan memang membuat penggunanya merasa lebih cantik dan percaya diri. Tapi kamu harus paham dengan situasi tranportasi umum yang digunakan. Menggunakan banyak perhiasan yang mencolok akan membuatmu menjadi sasaran empuk penjahat.

Buat Jadwal Tidur dengan Teman Perjalanan

Tetap Waspada Saat Tidur di Kereta. Via www.newscientist.com

Kereta jarak jauh seperti Kereta Api Jayabaya memang melelahkan dan kamu membutuhkan tidur untuk melawannya. Jika kamu bepergian bersama teman, ada baiknya tidur bergantian agar tetap ada yang mengawasi barang bawaan.

Simpan Barang di Tempat yang Aman

Lalu, bagaimana jika bepergian sendiri dengan kereta dan ingin tidur? Caranya adalah meletakan barang berharga di tempat yang aman atau mudah kamu awasi. Misalnya menggunakan tas kecil yang bisa kamu kekap selama tidur atau menjadikan tas sebagai bantal. Sehingga kamu akan mudah terbangun jika ada yang menyentuh tas tersebut. Kamu juga bisa meletakkan barang berharga di dalam kaos kaki atau tempat lainnya yang tidak terpikir oleh si penjahat.

Lalu, bagaimana jika bepergian sendiri dengan kereta dan ingin tidur? Caranya adalah meletakan barang berharga di tempat yang aman atau mudah kamu awasi. Misalnya menggunakan tas kecil yang bisa kamu kekap selama tidur atau menjadikan tas sebagai bantal. Sehingga kamu akan mudah terbangun jika ada yang menyentuh tas tersebut. Kamu juga bisa meletakkan barang berharga di dalam kaos kaki atau tempat lainnya yang tidak terpikir oleh si penjahat.

Bawa Uang Secukupnya

Selalu Perkirakan Penggunaan Keuangan dalam Perjalanan. Via https://www.finansialku.com

Membawa uang kas dalam jumlah banyak tidak akan efektif buat kamu. Sebaiknya bawalah uang kas secukupnya dalam pecahan kecil agar tidak menyulitkan kamu saat ingin bertransaksi selama perjalanan. Uang dalam pecahan besar akan menyulitkanmu saat menghitung kembalian dan merapikannya ke dalam dompet, jika kamu lengah penjahat bisa mengambil kesempatan tersebut untuk mengorek isi tasmu. Selebihnya simpanlah di bank dan gunakan kartu ATM. Sewaktu-waktu membutuhkan uang lebih, cukup mengambil secukupnya di ATM terdekat.

Gunakan Alarm Pada Tas

Saat ini alarm tidak hanya dipasang pada kendaraan bermotor saja. Tasmu juga bisa dipasangkan alarm. Jika ada yang mengambil tasmu, alarm akan berbunyi dan membangunkan semua orang di dalam kereta sehingga penjahat akan panik dan tidak jadi mengambil tasmu atau akan mempermudah kamu dalam mencari keberadaan penjahat tersebut. Alarm ini bisa ditemukan di sejumlah toko online.

Berdoa

Manusia sudah mempersiapkan, kini saatnya berpasrah kepada Tuhan. Berdoalah semoga perjalanan menggunakan kereta api kali ini aman dari kecelakaan atau pun tindak kejahatan.

Dengan tetap menjaga diri dan kesehatan selama perjalanan kamu akan berpeluang lebih banyak untuk menjelahahi sudut Indonesia lainnya seperti Kelok 9 Sumatera Barat, Jembatan Layang yang Eksotis.

Share artikel ini ke teman dan saudara supaya terhindar dari tindak kejahatan. Sedia payung sebelum hujan memang yang terbaik, kan?

Post Author
Hadhara Rizka
Hadhara Rizka, Blogger Asal Dataran Tinggi Gayo Takengon yang merupakan salah satu daerah penghasil Kopi Berkualitas Dunia. Bermimpi Keliling Dunia dan tertarik pada dunia Internet Marketing dan Wirausaha Sosial

Tinggalkan Balasan

Gallery Tuan Rumah Mata Kaki

Saksikan Dengan Mata, Jejaki dengan Kaki. Angkat Ransel, Kencangkan Tali Sepatu dan Berpetualanglah. Gallery saya, Hadhara Rizka di Instagram. Tidak banyak yang menarik, hanya meninggalkan jejak kaki sebelum hari tua nanti.

Join to Instagram
MataKaki.com | Travel Blogger Indonesia