Subscribe MataKaki.com

Masukan Email Untuk Mendapatkan Konten Gratis dari MataKaki.com

2 Event Wisata Kece Agustus 2017 di Kota Takengon, Rugi “Gak Ikut”

Berkunjung ke Takengon boleh kapan saja, namun bulan Agustus adalah salah satu yang istimewa.

Sudah merencanakan liburan kemana bulan Agustus ini? ada kabar gembira yang ingin saya bagikan kepada sahabat pembaca matakaki di sudut manapun berada. Pastinya, kabar gembira kali ini tidak jauh jauh dari kata “wisata” dan “kota takengon” bolehlah menebak nebak sebelum saya mengulas lebih jauh, namun rasanya tebakan tersebut tidaklah diperlukan sebab dari judul artikel ini sudah jelas sekali saya tanpa sengaja membocorkan informasi ini (hehe, sok penting).

Masih ingat dengan tulisan sebelumnya dimana saya mengulas kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke kota takengon? kalau belum boleh tuh dibaca karena masih kakak beradik dengan tulisan yang sobat baca kali ini. Yang jelas, tulisan sebelumnya tidak kalah informatif untuk dijadikan wawasan baru dalam bidang wisata.

Oke Fix kalau begitu, sebelum membaca lebih jauh, sobat janji dulu kalau isinya bermanfaat dan informatif maka jangan sungkan bagikan ya ke teman teman lainnya, saling support untuk kemajuan bersama itu indah bukan?

Untuk sahabat Nusantara dan Mancanegara, inilah 2 Event penting yang sayang sayang banget untuk dilewatkan begitu saja, terutama yang belum menentukan ingin berlibur kemana, Dataran Tinggi Gayo dengan udara sejuknya siap menyambut dengan cinta.

Pertama, Pacuan Kuda Tradisional Gayo

Indonesia dikenal dengan corak kebudayaan yang begitu beragam, keberagaman tersebut salah satunya dapat disaksikan di Takengon, Aceh Tengah yang merupakan Dataran Tinggi berudara sejuk nan damai untuk dijadikan tempat berlibur. Pacuan Kuda adalah salah satu pesta rakyat terbesar yang ada di Kota Takengon.

Tahun ini, berdasar informasi dari kalender event provinsi Aceh, Pacuan Kuda Tradisional Gayo akan berlangsung tanggal 21-27 Agustus 2017, seperti pada tulisan sebelumnya saya sudah pernah mengulas bahwa pacuan kuda untuk Kota Takengon akan berlangsung dua kali dalam setahun, pertama pada saat Hari Jadi Kota Takengon, dan selanjutnya pada momentum HUT Republik Indonesia.

Pacuan Kuda Gayo Via Travel.Kompas.com

Di Pacuan Kuda Ngapain Aja?

Pada tulisan lampau, saya sendiri sudah pernah berbagi cerita di blog ini tentang Event Pacuan Kuda Tradisional Gayo. Baca: Sejenak Kunjungi Pacuan Kuda Tradisional Gayo. Namun sekedar mengulas kembali, sobat sobat dari luar daerah Takengon yang bermaksud mampir ke Pacuan Kuda boleh melakukan banyak hal di event tersebut seperti :

  • Berbelanja makanan, souvenir dan barang barang lainnya di pasar rakyat
  • Mencoba wahana di pasar rakyat. Wahana tersebut ada “kincir” dan kalau masyarakat di Gayo sering menyebutnya “naik roda”. atau “naik bolang baling”. Kalau kora kora dan lainnya juga ada tapi pastinya tidak seramai Dufan dan BNS (2 tempat yang pernah saya kunjungi).
  • Hunting Photo bisa menjadi pilihan, tinggal ambil sesuai selera, mau gaya jurnalistik, selfie dll. Asal jangan selfie tepat di arena kuda melintas, admin gak tanggung jawab loh.
  • Conditional

Kedua, Camping 100 Tenda Se Nusantara

Generasi Muda Gayo dikenal kreatif dan inovatif, salah satunya adalah event wisata bergengsi yang satu ini, namanya camping 100 tenda se Nusantara yang kini menginjak tahun ketiga pelaksanaanya, mulai dari Gagasan pembentukan yang dilakukan secara mandiri, hingga di dukung oleh branding wisata “wonderfull Indonesia”.

Dari namanya, sobat menyangka bahwa peserta hanya terdiri dari 100 tenda bukan? panitia kadang tidak mampu mencegah animo peserta yang antusias, selama lahan masih ada dan memang tetap memberikan suasana nyaman, banyak peserta tentu akan makin seru bukan? tapi… kamu boleh khawatir, karena setiap tahun pesertanya sudah pasti ramai dari berbagai daerah hadir ke Takengon, Aceh Tengah. Saran saya, setelah membaca tulisan ini, jangan lama lama lagi langsung kontak panitia untuk menanyakan ketersediaan slot untuk bergabung pada event tersebut. Kapan lagi camping bareng teman se Indonesia di tempat sejuk seperti Dataran Tinggi Gayo, Eh. Sekedar bocoran, pada tau kan Kopi Gayo itu enak? Kalau teman teman sering mendengar di luaran sana tentang Kopi Arabika Gayo, tidak salah lagi, dari kota bernama Takengon inilah salah satu dari dua kabupaten penghasil Kopi Arabika yang “utama” di provinsi Aceh.

Ngapain aja di Camping 100 Tenda?

  • Camping bareng, pastilah kan namanya juga acara camping, hehe
  • Bakti penghijauan, penanaman pohon
  • Penampilan atraksi budaya Gayo
  • Bincang bincang seputar kopi gayo dan pariwisata
  • Senam
  • Dan kegiatan seru lainnya.
  • Keseruan lain boleh cek di Instagram @100tenda

Galeri Camping 100 Tenda

Kalau dua Event diatas menggugah hatimu, mempengaruhi logikamu dan meringankan langkah kakimu untuk berkunjung disaat yang tepat ke surga negeri? akankah kamu menundanya entah sampai kapan dimana hari itu, kamu hanya bergumam “tuh kan gak jadi ke Gayo lagi”. 

So, Angkat ranselmu, bawa buku diary, ganti baterai kameramu, kencangkan tali sepatu. Kami tunggu kamu dengan senyuman di hamparan tanah sejuta cerita, Takengon. Aceh Tengah.

Post Author
Hadhara Rizka
Hadhara Rizka, Blogger Asal Dataran Tinggi Gayo Takengon yang merupakan salah satu daerah penghasil Kopi Berkualitas Dunia. Bermimpi Keliling Dunia dan tertarik pada dunia Internet Marketing dan Wirausaha Sosial

Tinggalkan Balasan

Gallery Tuan Rumah Mata Kaki

Saksikan Dengan Mata, Jejaki dengan Kaki. Angkat Ransel, Kencangkan Tali Sepatu dan Berpetualanglah. Gallery saya, Hadhara Rizka di Instagram. Tidak banyak yang menarik, hanya meninggalkan jejak kaki sebelum hari tua nanti.

Join to Instagram
MataKaki.com | Travel Blogger Indonesia